Cara Reset Ulang iPhone Tanpa iTunes

Sejak awal iPhone pada 2007, iTunes telah menyediakan portal tempat Anda mengelola dan memulihkan perangkat Anda.

Tapi perubahan ada di udara. ITunes tidak hanya nyaris tidak memadai untuk beberapa tahun, tetapi Apple mengumumkan pada pertengahan 2019 bahwa akhirnya akan mematikan aplikasi dan menggantinya dengan tiga perangkat lunak terpisah.

Jadi apakah Anda tidak memiliki akses ke iTunes karena suatu alasan, atau Anda bertanya-tanya bagaimana memulihkan iPhone tanpa iTunes begitu aplikasi tersebut tidak ada lagi. 

Memulihkan iPhone Dan Mengatur Ulang iPhone 


Orang sering menggunakan "restore" dan "reset" secara bergantian. Namun, itu tidak benar untuk melakukannya; dua kata tersebut berhubungan dengan proses yang berbeda. Dari keduanya, mengatur ulang perangkat Anda adalah pendekatan yang lebih ringan. Ini akan menghapus data dari ponsel Anda, tetapi tidak memengaruhi firmware atau versi sistem operasi.

Menyetel ulang juga menawarkan daftar opsi yang lebih terperinci. Selain mengubah semua pengaturan pada perangkat Anda ke default, Anda juga dapat memilih untuk menghapus semua konten dan pengaturan. Jika Anda mau, itu juga mendukung pengaturan ulang hanya pengaturan jaringan, kamus keyboard, tata letak layar beranda, atau opsi lokasi dan privasi.

Memulihkan iPhone adalah proses yang harus Anda lakukan jika iPhone Anda mengalami masalah besar. Misalnya, mungkin Anda tidak dapat mengeluarkan perangkat dari mode pemulihan atau mode Pembaruan Perangkat Firm (DFU), atau mungkin Anda terus melihat kode kesalahan (yang paling umum adalah 3194, 4013, 4014, 9, dan 51).

Anda selanjutnya dapat membagi proses restorasi ke dalam dua kategori: mengembalikan iPhone Anda ke kondisi kerja dengan firmware baru, atau Anda mengembalikan cadangan data iPhone Anda.

Cara Mengatur Ulang iPhone Tanpa iTunes 
Mudah untuk mengatur ulang pabrik iPhone tanpa iTunes. Dengan asumsi perangkat Anda berfungsi dengan benar, Anda dapat melakukannya dari dalam aplikasi Pengaturan telepon. Untuk mengatur ulang iPhone Anda, ikuti langkah-langkah ini:

  • Nyalakan perangkat Anda dan pastikan tidak terhubung ke iTunes.
  • Buka aplikasi Pengaturan.
  • Arahkan ke General> Reset.
Di sini Anda akan melihat daftar berbagai opsi reset yang tersedia. Jika Anda ingin mengatur ulang iPhone ke kondisi pabrik, ketuk opsi Hapus Semua Konten dan Pengaturan. Jika tidak, ketuk pilihan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sebelum proses reset dimulai, Anda harus memasukkan kode sandi Anda. Prosedur ini akan memakan waktu beberapa menit untuk selesai.

Cara Mengembalikan iPhone Tanpa iTunes 
Jika Anda ingin memulihkan iPhone tanpa iTunes, situasinya sedikit lebih rumit. Untuk ini, Anda harus menggunakan perangkat lunak pihak ketiga. Tiga merek terkemuka adalah FonePaw, dr.fone, dan Tenorshare.

Untuk panduan ini, kami akan fokus pada perangkat lunak FonePaw. Jangan ragu untuk mencoba dua aplikasi lain jika ada sesuatu tentang proses FonePaw yang tidak Anda sukai.

Cara Mengembalikan iPhone yang Dinonaktifkan Tanpa iTunes 
Seperti yang kami sebutkan, ada dua situasi di mana Anda menggunakan proses pemulihan. FonePaw memiliki solusi yang tersedia untuk kedua masalah:
  • Jika ponsel Anda dinonaktifkan, terkunci, atau tidak merespons
  • Jika Anda ingin mengembalikan data di ponsel Anda
Mari pertama-tama kita lihat cara memulihkan iPhone yang tidak berfungsi tanpa iTunes. Ini juga merupakan metode yang perlu Anda ikuti jika Anda lupa kode sandi iPhone Anda, Anda terjebak dalam mode recovery / DFU, atau iTunes melempar kesalahan selama proses pemulihan.

Untuk memulai, Anda harus mengunduh aplikasi Pemulihan Sistem iOS FonePaw, yang memiliki versi gratis dan berbayar. Versi gratis menderita beberapa batasan, tetapi untuk keperluan proses ini, itu akan berfungsi dengan baik. Jika Anda ingin membeli aplikasi lengkap, Anda harus membayar $ 50. Ini tersedia untuk Windows dan macOS. 

Setelah aplikasi aktif dan berjalan, sambungkan iPhone Anda ke komputer Anda. Perlu koneksi kabel; proses dengan tidak berfungsi melalui Bluetooth atau Wi-Fi. Pada langkah berikutnya, prosesnya berbeda tergantung pada apakah ponsel Anda dinonaktifkan atau macet dalam mode pemulihan:
  • Recovery mode: Aplikasi Pemulihan Sistem iOS akan mendeteksi bahwa perangkat Anda dalam mode pemulihan. Klik Konfirmasi untuk melanjutkan.
  • Disabled: Jika telepon Anda dinonaktifkan, Anda perlu mengklik Mode Lanjut. Ini akan memberikan instruksi pada layar untuk memasukkan iPhone Anda ke mode Recovery / DFU.
Apapun proses yang Anda ikuti, Anda harus tiba di layar yang menanyakan informasi ponsel Anda. Anda harus memasukkan kategori, jenis, dan model perangkat Anda. Anda juga perlu memilih versi iOS yang ingin Anda instal selama proses pemulihan.

Setelah Anda puas dengan semua detailnya, klik tombol Repair.

Unduh: FonePaw iOS System Recovery (Gratis, tersedia versi premium $ 50)

Cara Mengembalikan Data iPhone Tanpa iTunes 
Jika Anda telah menghapus foto, pesan, dokumen, atau file penting dari iPhone Anda, Anda mungkin dapat memulihkannya jika Anda bertindak cepat. Sekali lagi, FonePaw memiliki aplikasi untuk membantu. Ada versi gratis dan versi berbayar $ 60, tersedia untuk Windows dan macOS.

Aplikasi ini memiliki beberapa manfaat signifikan dibandingkan menggunakan iTunes untuk memulihkan file. Pertama, tidak seperti iTunes, ia dapat (semoga) memulihkan file langsung dari iPhone Anda; Anda tidak perlu membuat cadangan. Selain itu, Anda dapat memulihkan data berdasarkan kasus per kasus dari cadangan iTunes, daripada harus berurusan dengan pendekatan semua atau tidak sama sekali.

Untuk memulihkan data iPhone tanpa iTunes, ikuti langkah-langkah di bawah ini:
  • Unduh dan instal aplikasi Pemulihan Data iPhone FonePaw.
  • Pilih Recover from iTunes Backup File, Recover from iCloud Backup File, atau Scan iPhone data, tergantung pada apa yang ingin Anda capai.
  • Pilih file yang ingin Anda recover dan / atau restore.
  • Klik pada tombol Recover.
Unduh: Pemulihan Data iPhone FonePaw (Gratis, tersedia versi premium)